Hal Menarik Dari Masjid Raya Al-A’zhom Kota Tangerang

Masjid Raya Al-A’zhom adalah tempat ibadah bagi umat Islam di kota Tangerang dan ikon yang meningkatkan daya tarik kota Tangerang itu sendiri.

Masjid kebanggaan ikon warga Tangerang, yang juga merupakan masjid terbesar di kota Tangerang, tampaknya masuk dalam daftar kunjungan ke bulan Ramadhan Anda. Fakta-fakta berikut mungkin menjadi alasan mengapa Anda perlu mengunjungi Masjid Al-A’zhom.

Hal Menarik Dari Masjid Raya Al-A'zhom Kota Tangerang

Ada juga dua jenis area di aula utama masjid ini. Pertama, area yang mengelilingi aula utama dan ditandai dengan adanya banyak kolom yang berfungsi sebagai penopang pada tribun. Kemudian untuk bagian kedua, yaitu area tengah tepat di bawah kubah. Daerah ini sangat luas karena tidak ada tiang penyangga kubah besar.

Di bagian tengah Anda dapat melihat kemegahan dan keindahan interior kubah dengan ayat-ayat Alquran, semuanya bertuliskan bahan cokelat muda tetapi sedikit kekuningan. Bahan ini juga secara harmonis dipadukan dengan lantai lantai yang terbuat dari granit bintang putih, yang khusus diimpor dari negara tirai bambu Cina. Kombinasi yang memancarkan suasana meriah, tetapi juga terlihat sangat cerah.

1. Desainnya menyerupai benteng

Desain masjid di Kota Tangerang, juga dikenal sebagai Kota Benteng, adalah alasan kantilever dibangun di atas ubin beraspal. Di dalamnya ada banyak lubang di tengah sebagai meriam di sebuah benteng ketika bagian atas Masjid Agung Al-A’zhom dibangun. Konsep kota ini menjadi semangat filosofis untuk pembangunan masjid ini.

2. Seharusnya masjid kubah terbesar di dunia

Masjid Al-A’zhom, dengan kubahnya, yang dianggap terbesar di dunia, telah menjadi ikon. Masjid kubah besar ini unik karena tidak ada tiang penyangga. 

Struktur kubah induk di tengah didukung oleh 4 kubah setengah lingkaran di bawah ini, membuatnya cukup kuat untuk mendukung kubah induk. Klaim kubah masjid sebagai yang terbesar bukan tanpa alasan, karena pembangunan kubah tersebut memiliki diameter 63 meter

3. Memiliki 5 kubah besar

Selain diameter kubah utama yang fantastis, 4 kubah lainnya yang digunakan untuk menyangkal atau mendukung kubah utama masjid adalah yang membuat masjid ini begitu mewah. Seperti dikutip oleh Asrofi H. Yusuf di situs resmi tangerangkota.go.id, seorang pejabat masjid Al-A’zhom, 5 kubah melambangkan 5 rukun Islam dan juga sholat 5 waktu. 

4. Memiliki 4 menara

Kemudian empat menara di empat sisi masjid berkontribusi pada keindahan kubah masjid atau untuk pembangunan masjid di bagian atas Masjid Al-A’zhom. 

Dimana setiap menara tingginya 55 meter.

Menurut Asrofi H Yusuf, keberadaan keempat menara ini bukan tanpa alasan, melainkan simbol makna dari empat ajaran Islam, yaitu kepercayaan, moralitas, syariah dan ibadah. Bangunan yang dibangun itu sangat filosofis, bukan?

5. Luas bangunan 5.775 meter persegi

Masjid, yang merupakan rumah bagi sekitar 15.000 orang percaya, memiliki area konstruksi yang sangat luas, yaitu 5.775 meter persegi. Sangat luas, ya! Tidak, salah jika masjid ini masih menjadi masjid terbesar di Kota Tangerang.

6. 2,25 hektar lahan

Apakah Anda tahu berapa banyak tanah di salah satu landmark Tangerang? Ya, Masjid Al-Al-A’zhom dibangun di atas tanah 2,25 hektar.

7. Tempat parkir seluas 14.000 meter persegi

Selain itu, masjid Al-A’zhom memiliki tempat parkir seluas 14.000 meter persegi. Wow, apakah ini sempurna untuk tujuan Ramadhan Anda kali ini? Ayo, rencanakan kunjungan Anda di sana segera! Jangan lupa untuk mengundang keluarga Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *