Manfaat Utama Mengkonsumsi Buah Duku

Tanaman buah Duku adalah salah satu varietas tanaman buah yang tumbuh subur di daerah tropis dengan kontur suhu ber tipe iklim lembab, tanaman buah ini aslinya berasal dari Malaysia dan juga di Indonesia (Kalimantan Timur). Dari negara asalnya, buah Duku ini secara cepat menyebar luas ke Vietnam, Myanmar dan India.

Penyebaran duku ini tidak harus secepat itu dibandingkan dengan tanaman manggis. Nama lain yang umum digunakan untuk Lansium domesticum adalah Aglaila dooko Griffth atau Aglaia domesticum (Corr.) Pelegrin. Setidaknya ada tiga jenis lansium di dunia yang hampir mirip dalam buah Duku ini, yaitu Duku, Langsat dan Pisitan (kebanyakan jus). Namun, yang paling terkenal adalah duku dan lambat.

Manfaat Utama Mengkonsumsi Buah Duku

Di luar Jawa, Duku sering disebut lambat. Di wilayah Jawa, Slow Fruit sering disebut sebagai kelapa. Duku memiliki banyak varietas, beberapa di antaranya memiliki buah yang sangat besar, tetapi yang lain kecil. Ada biji besar, ada yang tidak ditabur (parthenocarpy), tetapi ada juga yang apomixis (benih vegetatif). Pusat-pusat utama produksi Duku adalah Palembang, Pasarminggu (Condet), Karanganyar dan Kulonprogo (Nanggulan). Singosari (Malang) terkenal dengan benihnya yang lambat. Negara-negara penghasil Duku adalah Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Manfaat kesehatan dari Buah Duku

1. Menjaga sistem pencernaan yang sehat

Salah satu masalah pencernaan yang paling umum adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi karena asupan serat yang tidak mencukupi.

Salah satu cara untuk mencegah sembelit dari berulang adalah dengan mengkonsumsi buah Duku secara teratur. Karena dalam 100 gram buah, Duku mengandung setidaknya 4,9 gram serat, yang sangat baik untuk sistem pencernaan Anda.

2. Kaya akan antioksidan

Buah duku tidak hanya memiliki manfaat yang sangat baik, terutama untuk masalah pencernaan, tetapi juga dikenal sebagai sumber antioksidan alami seperti polifenol.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, buah Duku ini memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, mirip dengan pisang dan pepaya.

Antioksidan ini juga dapat membantu tubuh memecah serangan radikal bebas yang biasanya merusak sel dan, tentu saja, menyebabkan penyakit dan mempercepat penuaan dini.

3. Sumber vitamin B dan C.

Buah yang satu ini juga mengandung berbagai vitamin B mulai dari senyawa tiamin, riboflavin dan niasin.

Vitamin B dari buah ini digunakan oleh tubuh untuk mendukung proses pengolahan karbohidrat menjadi energi baru dan untuk menyelaraskan fungsi sistem saraf di otak.

Buah ini tidak hanya mengandung B, ternyata buah Duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C dalam buah ini dapat secara optimal memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga berkontribusi pada pencernaan lemak tubuh.

Temukan manfaat kulit dan daun Dukus

Manfaat Lansium parasiticum tidak hanya berasal dari daging. Namun, kulit dan daun buah Duku juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Dalam penelitian yang membahas manfaat buah Duku, ekstrak kulit kayu dan daun dari pohon Duku bisa menjadi antimalaria yang sangat efektif.

Kandungan yang terkandung dalam ekstrak kulit buah Duku diyakini sangat efektif melawan strain parasit, salah satu penyebab malaria.

Jika Anda mengikuti program diet ketat, buah duku ini bisa menjadi pengganti camilan manis. Selain itu, serat yang dikandungnya dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Menyegarkan tubuh

Manfaat Duku Ini juga sangat baik untuk menyegarkan tubuh. Ini karena ada rasa asam, yang membuat buah duku ini secara signifikan mencegah kantuk dan membuat tubuh segar dan terasa ringan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *