Wisata Baturraden Adventure Forest di Purwokerto

Naik Travel Jakarta Purwokerto untuk ngadem ke tempat yang sejuk yang bisa bikin badan seger adalah Detoksifikasi yang bikin otak serta pikiran fresh.

Nah di Purwokerto , ada tempat semacam itu. Namanya Baturraden Adventure Forest. Dari sana ialah Resort Ecotourism untuk penggemar alam dimana beberapa pilihan Outdoor Activities , juga bisa buat tempat Tim Building , Camping, penjelajahan Rimba, Lembah serta Sungai.

kita berpeluang coba Camping serta berekreasi di BAF ini waktu Juguran Blogger 2019 , akhir Juni lalu.

Kesan-kesan Pertama BAF

Bersama-sama Kelompok Juguran Blogger 2019, Kami sampai di BAF sekejap mendekati magrib. Diantarkan kelompok mobil Toyota bermacam mode serta warna dari Nasmoco Purwokerto, Kami s/d perasaan cukup mengantuk.

Tapi keluar dari mobil udara fresh langsung Kami hisap serta temperatur dingin Baturraden langsung menimpa, membuat saya langsung menggunakan Jaket. Oiya TemenAip, di sini tuch signal pada KO semua, paling dapat buat telephone, jadi semua pekerjaan yang memerlukan internet istirahat dahulu ya. Turun dari mobil, kami bergabung dalam tempat api unggun.

Sesampainya dari sana , Kita langsung di brief oleh Mas Wiwit dari BAF masalah tempat di sini. Maklumkan telah malam. Kita memperoleh info masalah sekitar lingkungan BAF Adventure. Weekend itu ada dua kelompok besar di BAF, satu kelompok Pertamina yang sedang outbond serta kelompok Juguran Blogger 2019. Kelompok Kami tempati perkemahan dibagian depan dekat jembatan. Kami disarankan berhati-hati sebab hari telah malam. Mas Wiwit memberitahukan pekerjaan kita apa malam hari ini serta esok hari.

Jadi malam itu, kita akan makan malam, Yay ! Lalu bakar api unggun serta Barbeque-an. Yay Lagi. Kita mendapatkan pembagian Tenda malam itu , sebab kita akan Camping. Tendanya berwarna iru ketoscaan serta berjejer rapi di dataran agak miring beralas rumput hijau. Penerangannya cukup serta tidak demikian basah. Saya setenda dengan Juan serta Aris. Tendanya benar-benar cukup buat Kami bertiga. Didalamnya telah disiapkan kasur untuk semasing dan sleeping bag.

Yang saya senang di sini, meskipun istilahnya ditengah-tengah rimba, tetapi situasinya gak horor serta tidak gelap. Sebab penerangannya cukup. Saya menghargai jumlahnya toilet sebab di cuaca dingin semacam itu kan bawaannya ingin ke toilet terus.

Malam itu makan malam enak dengan lauk Ikan Bawal serta sayuran, ada sop ayam . Mantaplah buat malam yang dingin. Sekalian isi daya gawai semasing di Agathis Kami mengobrol hangat, diteruskan dengan dialog dengan Teh Windy serta Mas Aji dari Qwords.com masalah dunia perhostingan, acara diteruskan dengan bergabung di api unggun yang hangat sekali. Kak Didik untuk pembina pramuka, ngajakin kami tepok pramuka, untung saja masih hapal, jadi tidak malu-maluin. Hahaha

Sekalian menghangatkan diri di api unggun, mendadak Mbak Agathis Kafe tiba bawa jagung serta sosis untuk dipanggang. Bahagia lah, walaupun masih kenyang, tetapi usus sisi kiri masih dapat dimasukin deh. Sekalian asyik memanggang jagung serta sosis, hadirlah wedang ronde. Cocok sekali buat kita yang kedinginan.

Sesudah usai makan-makan serta api unggun, saya putuskan selekasnya istirahat, sebab esok ingin trackking serta main air berbentuk bodi rafting. Super excited !

Malam itu saya terjaga 2x untuk ke toilet, perlu jalan dahulu sich, tetapi yang perlu toiletnya bersih serta tidak gelap. Pas buat yang ingin camping tetapi tidak ingin ribet ke sungai. Situasi di tenda cukup hangat meskipun tidak berdesakan, masih ada ruang di antara saya, Juan serta Aris. Kadang-kadang berasa dingin sich, tetapi jika dalam sleeping bag mah aman lah

Pagi-pagi jam 04:40 saya telah bangun. Rupanya Lichun, rekan seperjuguran juga bangun, Kami putuskan ingin shalat subuh berjamaah. DI BAF ada musholla besar sekali yang dibuat dari bambu. Tempat wudhunya juga dari bambu. Cocok tangan terkena air, cess… dingin gunakan sekali, ingin rasa-rasanya kembali lagi keruntelan dalam sleeping bag di tenda, hahah, tetapi semakin lama jadi fresh kok.

Suka sekali dapat nikmati pagi yang cerah di pegunungan. Ditambah lagi waktu sinar matahari melalui pohon-pohon serta menghangatkan. Saya serta Lichun juga bergabung dengan teman-temang di tenda, sebab kami ingin jalan pagi.

Pagi itu, ramai-ramai Kami berjalan ke samping atas dari BAF, melalui beberapa tempat wisata seperti Rimba Pinus serta Telaga Sunyi untuk lihat peternakan sapi. Jadi kelak dapat beberapa foto dengan backgrund sapi. Cukup sich jalannya nanjak, tetapi suka sich jika ramai-rame tidak berasa. Kadang-kadang iri sama orang yang naik motor, atau terlintas ingin lompat ke mobil pick up yang melalui buat naik ke atas. Tetapi malu waktu lihat 2 orang nenek dengan santainya jalan kaki turun naik jalan. Huhuhuhu

Ditambah lagi panorama indah lihat rimba, lalu perkebunan, lalu lihat bentangan rumput gajah sebagai pakan sapi yang hijau melintang, membuat hati semakin dingin. Paru-paru juga maki sehat sebab udara yang fresh pada pagi itu.

Sayangnya sampai dari sana sapinya sudah merumput jauh ke perbukitan, tidak bertemu deh, tetapi Kami masih bahagia sebab dapat beberapa foto di atas, pemandangannya bagus kok. Lagian peserta juguran blogger kan banyak mode, jadi motonya hebat. It was a good morning walk.

Agathis Restaurant

Pulang dari jalan pagi, Kami sarapan di Agathis restaurant. Menunya lontong gunakan sayur labu serta ayam. Duh terasa Lebaran, Enak sekali. Jadi jika ramai-rame gini menunya samaan kan kelompok. Tetapi jika ingin pesen sendiri di sini menunya enak pada harga dapat dijangkau. Masak ada menu ikan peda kecombrang Duh bagaimana jika dikonsumsi sama nasi panas yaa. Serta yang terpuji lagi di Agathis Restaurant ini tidak gunakan micin. Jadi aman kaan.

Bodi Rafting

Pada akhirnya yang ditunggu datang ! Bodi Rafting. Setelah sarapan, Kami langsung bergegas tukar pakaian buat bodi rafting. Peralatan keselamatan cukup lengkap dengan life vest serta helm. Mutunya bagus-bagus lagi. Kami dianjurkan menggunakan alas kaki yang aman. Soalnya akan masuk di sungai yang penuh bebatuan licin. Tidak perlu jago berenang buat ikut-ikutan program ini. tetapi perlu tahu langkah melaju yang pas, tangan disilangkan ke dada agar tidak mengenai batuan. Harus dapat menakkan pantat agar tidak tergerus batuan.

Jika mencuplik dari web mereka ” River adventure adalah bentuk kegiatan outdoor yang berbasiskan pada pencarian sungai serta ngarai atau yang seringkali diketahui dengan isitilah Canyoning. Pekerjaan River Adventure yang ditingkatkan oleh BafAdventure menggabungkan faktor forest trackking serta tehnik panjat tebing seperti Rappelling/Abesiling, Lompat Tebing serta berenang di sungai dengan kedalaman yang beragam.”

Program ini berbentuk high impact yang bisa digabungkan dalam pekerjaan outbound trainning buat peningkatan sumber daya individu atau tim dengan pilihan waktu serta rintangan sesuai dengan keperluan peserta.

Widih, hebat ya. Sebelum mengawali, kam dikasih briefing dahulu mengenai tehnik bagaimana triknya bodi rafting. dilaksanakan pemanasan. Yang buat tenang di sini dikawal pelatih dan beberapa pengawas yang mengenal medan. Jadi relatif aman.

Kami mengawali bodi rafting di bawah jembatan ke arah kemah. Air sungainya bening serta dingin. Arusnya cukup deras tetapi tidak mencelakakan. Kami mulai sliding ke air, serta dipesan pada bebatuan. Asyik sekali ikuti arus. Terkadang sungainya dalam, terkadang dangkal. Terkadang kita dapat jalan kaki, terkadang harus berenang, tetapi tenang ada life vest kan , jadi mengapung terus. Saya , DiniLint, Yuni, Relinda, Doel, Juan, Zain serta Lenny berganti-gantian melaju derasnya air.

Air pegunungan yang fresh serta dingin membuat tubuh jadi fresh serta awet muda, itu perasaan saya sendiri ya, tentu banyak terkandung mineral yang baik.

Di tengah jalan, saya berasa pinggang kok gatel ya. Lalu saya berdiri di atas bebatuan serta menggaruk pinggang. Serta pluk… dua ekor pacet jatuh ke batu. Nampaknya belum mengisap darah sebab masih kurus-kurus. Serta kemungkinan mereka terkejut mengisap darah penuh lemak serta gizi tinggi dari bodi saya yang aduhay, hingga tidak susah melepas mereka. Umumnya kan perlu gunakan tembakau. Anehnya teman lain tidak ada tuch yang ditempel pacet. Saya doang. wkwkwkw.

Asyik main air, Bodi Rafting kesempatan ini ditutup dengan melaju ke kolam dengan ketinggian kurang lebih 3 meteran. Cocok ingin melaju dipesan angkat kaki sebab dibawahnya ada batuan. Bener saja, cocok loncat ke air yang dalam, di bawah ada batuan yang menyongsong, untung nurut, angkat kaki, jika tidak kepentok kan cukup. Itu keutamaan jalan sama yang mengenal medan.

Setelah bodi rafting, kami diangkut pick up kembali pada BAF untuk makan mendoan ( Yay) serta pisang goreng panas bikinan Mbak Agathis Kafe ( maafkan Mak saya lupa kenalan, bertambah konsentrasi ke mendoan). Enak sekali makan mendoan panas gunakan rawit sesudah main air dingin.

Pengalaman berpetualang di Baturraden Adventure Forest ini benar-benar membahagiakan. Kecuali dapat bergabung dengan kawan blogger simpatisan Juguran , tetapi dapat nikmati alam lebih dekat. Yang saya senang dari Baturraden Adventure Forest ini ialah fasilitasnya OK sekali, dari tenda, sarana umum, paket yang ditawarkan , panorama, makanan, serta yang tentu kita belum pernah didiamkan lapar. Penting itu. Meskipun camping nyaman lah hahaha.

Yang tentu di Baturraden Forest Adventure ini banyak tipe pekerjaan yang dapat kita kerjakan, kita tinggal pilih paket yang sesuai keperluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *